Saturday, August 17, 2019

Cara Mengatasi Indikator Baterai Android Error

Bagaimana Cara Mengatasi Indikator Baterai Android Error? indikator baterai android bermasalah seperti baterai android tiba tiba habis tentu pernah dialami terutama jika HP Android sudah berumur lebih dari 2 tahun.

Cara memperbaiki indikator baterai android tergantung permasalahannya, jika baterai hp tiba tiba habis atau hp mati saat baterai 30% atau lebih, berarti indikator batre mulai bermasalah.

Apalagi hp yang sudah lebih dari 2th pemakaiannya. HP Android yang sudah lebih dari 2th indikator baterai cenderung lebih rentan terhadap beberapa masalah. Indikator baterai persentase nya error, tidak bisa menunjukkan persentase baterai yang sesungguhnya.

Ini membuat pemilik hp bingung, berapa persen baterai android harus di charge? karena bisa saja persentase baterai masih banyak, tapi hp tiba tiba mati. Kenapa baterai hp cepat habis ini? Karena bisa jadi umur baterai sudah berkurang.

indikator baterai android error

Tanda tanda baterai hp rusak ini bisa diatasi dengan melakukan kalibrasi, fungsi kalibrasi baterai ini sendiri bertujuan agar bisa mengembalikan indikator baterai ke keadaan normal seperti semula.

Cara memperbaiki indikator baterai android error


Ada cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis yaitu dengan tiga metode kalibrasi yang bisa Anda lakukan, coba ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini ya untuk memperbaiki baterai hp mati atau kosong seketika:

1. Kalibrasi Baterai Menggunakan Cara Manual


cara kalibrasi baterai android

Tidak ada salahnya mencoba sendiri memperbaiki indikator baterai Android Anda yang error. Cara kalibrasi baterai android secara manual ini cukup mudah, cukup mengikuti langkah-langkah ini satu persatu:

- Pertama, pastikan HP Android Anda mati total atau tidak memiliki daya sedikitpun. Biarkan baterai HP Anda habis dengan sendirinya, bila perlu Anda biarkan seharian tanpa dicas.
-Kedua, lakukan pengisian ulang daya atau cas HP dalam kondisi mati hingga 100%.
-Lakukan berulang kali langkah di atas selama 2 hingga 3 hari ya.

2. Kalibrasi Menggunakan Aplikasi kalibrasi baterai


aplikasi kalibrasi baterai

Jika menggunakan cara manual tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cara yang kedua yaitu kalibrasi menggunakan aplikasi. Anda bisa menggunakan aplikasi “Battery Calibration” yang sebelumnya harus diunduh terlebih dahulu melalui google play Android. Caranya juga mudah, yaitu:

- Download Aplikasi Battery Calibration
- Sambungkan charger bawaan HP dengan HP Android
- Biarkan HP terisi penuh hingga 100%
- Klik aplikasi “Battery Calibration” yang sudah Anda unduh
- Lepaskan charger dari HP dan lihat perubahan indikatornya

3. Kalibrasi Batre Menggunakan Cara Recovery Mode


Jika menggunakan dua cara di atas ternyata Anda masih gagal memperbaiki indikator bateri Anda, coba gunakan cara yang ketiga yaitu recovery mode. Coba ikuti langkah-langkah ini:

- Pertama, matikan HP Android Anda
- Kedua, tekan tombol power+volume up secara bersamaan beberapa saat hingga muncul menu recovery mode. Sesuaikan dengan HP Anda ya, setiap HP memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke recovery mode.
- Ketiga, pilih menu Advanced Section
- Klik pada opsi Hapus Statistik Baterai
- Terakhir nyalakan HP Android Anda dan sebisa mungkin habiskan baterai yang tersisa, baru setelah itu isi kembali baterai hingga 100%. Ini untuk melihat apakah indikator baterai sudah normal atau masih error.

Itulah tadi Cara Mengatasi Indikator Baterai Android yang Error.  Semoga batre hp yang cepat habis tadinya bisa kembali normal, semoga bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah mengunjungi Blogsabil.

0 komentar

Post a Comment