Wednesday, August 28, 2019

Kenali ciri ciri lcd hp rusak

Ciri lcd hp rusak bisa dilihat dari kerusakan lcd hp. Sebelum memperbaiki lcd hp sebaiknya ketahui dahulu tanda tanda lcd hp rusak agar dapat memberikan penangan yang tepat.

Sedikit info perbedaan lcd dan touchscreen, apa itu touchscreen? layar sentuh adalah sebuah perangkat input elektronik dan LCD adalah alat panel layar yang ada pada perangkat elektronik.

Handphone saat ini didominasi oleh android dengan layar sentuh atau touchscreen. Dengan demikian, Anda tak perlu memencet tombol angka maupun huruf seperti handphone lama dengan kuat.

Sebab, dengan handphone touchscreen, pengguna hanya perlu menekan tiap opsi dengan lembut maka perintah yang diminta akan segera terkabul.

ciri ciri lcd hp bocor

Namun, jangan senang terlebih dulu, sebab sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya yang sering mengalami kerusakan, layar LCD pada handphone touchscreen ini pun kerap mengalami hal serupa yakni hp rusak lcd nya.

Apalagi jika penggunaannya kasar dan sering terjatuh menimpa permukaan yang kasar, bisa membuat layar sentuh rusak. Beberapa masalah yang mungkin terjadi seperti layar LCD yang tiba-tiba blank ketika disentuh, maka menandakan bahwa LCD Anda mengalami kerusakan.

Nah, ketika LCD Anda mengalami kerusakan, jangan ambil tindakan sendiri untuk memperbaikinya. Sebab, jika tanpa pengetahuan dan keterampilan khusus, LCD bisa bertambah parah dan menjalar kerusakan pada komponen lainnya.

Terlebih, harga LCD ini terbilang mahal dari komponen handphone lainnya. Sebelum menyimpulkan layar sentuh ponsel Anda rusak atau tidak, berikut ini cara mengetahuinya.

ciri lcd rusak

3 ciri ciri lcd hp rusak yang terjadi di hp android

ciri lcd rusak terlihat dari tanda lcd hp rusak berikut ini:

1. Touchscreen Tidak Berfungsi, Sedangkan Layar LCD Tidak Pecah


cara mengetahui lcd hp rusak

Permasalahan layar sentuh yang tidak berfungsi biasanya diawali oleh kecerobohan pemiliknya seperti ponsel terjatuh baik sengaja maupun tidak sengaja.

Nah, ketika ponsel Anda terjatuh, namun kondisi layar LCD tidak pecah atau retak, sebaiknya segera segera pastikan kerusakannya dulu. Salah satu caranya, lakukan kalibrasi touchscreen atau hard reset pada layar sentuh.

Langkah ini bisa mengatasi kerusakan layar sentuh karena software. Namun, jika masih gagal, bisa lakukan flashing.  Jika masih gagal, dipastikan kerusakan berasal dari hardware-nya.

Bisa jadi, kabel touchscreen tidak terhubung dengan baik. Maka, tidak ada cara lain selain harus membongkar dan memperbaiki ponsel Anda.

Baca Juga: 




2. Touchcreen Pecah dan Sebagian Tidak Berfungsi


ciri ciri touchscreen rusak

Kerusakan pada LCD juga bisa terjadi karena pecah sehingga ada sebagian layar yang tidak berfungsi. Akibat dari kerusakan ini dipastikan karena hardware sehingga layar bergerak liar bahkan tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, gantilah touchscreen dengan yang baru.

3. Touchscreen Bergerak Sendiri


penyebab lcd hp rusak

Pernahkah Anda mengalami tombol touchscreen pada ponsel Anda bergerak-gerak sendiri? Biasanya, hal ini terjadi saat proses charging.

Tahukah Anda, masalah ini dapat terjadi karena kondisi charger yang Anda gunakan tidak bagus sehingga arus yang masuk tidak stabil. Untuk itu, pastikan charger yang digunakan cocok dengan tipe ponsel Anda.

0 komentar

Post a Comment