Thursday, September 20, 2018

Cara Untuk Mengubah Penyimpanan Internal ke Eksternal HP Samsung

Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Eksternal HP Samsung. Selama kurang lebih 10 tahun belakangan ini, brand smartphone samsung telah merajai ponsel pintar di Indonesia. Selain harganya yang murah namun juga fitur yang tak kalah canggih dengan ponsel pintar asal Amerika Serikat dengan icon apelnya tersebut.

Meskipun ponsel pintar sejenis dari Tiongkok menjamur di Indonesia namun ponsel asal Korea Selatan ini tetap eksis dan memiliki market sendiri. Dibalik namanya yang besar, ponsel samsung ini memiliki kekurangan berupa media penyimpannnya.

Kalau anda bandingkan dengan produk sejenis asal tirai bambu dengan harga pasar yang sama, namun smartphone samsung ini kalah dengan ponsel pintar asal Tiongkok tersebut terutama pada bagian memori penyimpanan.

Oleh sebab itu, banyak user smartphone samsung mengubah penyimpanan dari memori internal (default) ke media penyimpan eksternal (SD Card). Pada kesempatan ini di artikel ini akan membahas tentang cara mengubah penyimapana internal ke eksternal.

Mengubah Penyimpanan Internal ke SD Card Samsung

Ada beberapa tipe smartphone samsung yang memiliki fitur mempermudah dalam mengubah media penyimpanan ke memori eksternal seperti samsung dengan android marshmallow. Pada tipe samsung ini memiliki fitur adaptable storage, dimana fitur ini mampu mengatur lokasi penyimpanan secara default  ke memori eksternal secara manual.

Aktifitas anda dalam membuka media sosial seperti Instagram dapat membuat kapasitas memori internal samsung penuh karena instagram akan menyimpan gambar yang berhasil di render pada chace atau penyimpan sementara di memori internal samsung anda.

Cara Merubah Memori Penyimpanan Hp Samsung dari Internal ke Kartu Memori


Jika memori internal samsung android anda penuh maka hp anda akan lemot serta beberapa aplikasi tidak dapat dibuka. Oleh sebab itu, anda harus mengubah media penyimpanan dari memori internal ke memori eksternal. Berikut ini cara mengubah penyimpanan internal ke eksternal hp antara lain:

Cara Mengaktifkan USB Debuging

Bagi anda yang belum paham bagaimana cara mengaktifkan USB debuging maka inilah caranya:
  1. Buka “pengaturan atau seting” pada hp samsung anda.
  2. Cari “ about phone” dengan cara scroll ke bawah
  3. Tekan beberapa kali pada “ build number”sampai muncul notifikasi sebagai tanda mode developer telah aktif
  4. Jika telah aktif, maka anda buka kembali “ pengaturan”
  5. Cari opsi “developer option
  6. Setlah ketemu maka aktifkan opsi “ USB debuging
Mengaktifkan USB Debuging Hp Samsung

Setelah mengaktifkan Usb Debugging barulah kita dapat menggunakan ADB, seperti berikut:

Menggunakan ADB (Android Debug Bridge)


Cara pertama dalam merubah penyimpan internal ke eksternal smartphone samsung adalah dengan memanfaatkan ADB ( Android Debug Bridge). Anda dapat mengikuti langkah – langkah sebagai berikut:
  1. Anda hubungkan hp samsung anda dengn komputer atau laptop serta aktifkan USB debuging.
  2. Selanjutnya anda buka “window command prompt” dengan cara tekan tombol “window” pada keyboard dan huuf “R” secara bersamaan. Setelah muncul, ketikan “cmd”pada kolom pencarian.
  3. Selanjutnya ketikan” adb shell” dan tekan enter, lalu ketikan lagi “ sm- list disks” dan tekan enter lagi
  4. Lihat ID dari SD card anda, hafal ID tersebut jika tidak hafal maka tulis di lembar kertas. Misal ID dari SD card anda adalah 179 : 160.
  5. Kemudian ketik “sm partition Disk Typer Ratio dan enter
  6. Langkah selanjutnya ketik sm partion disk : 179 : 60 private untuk mengubah seluruh SD card menjadi memori internal sedangkan179 : 60 mixed 50 untuk mengubah sebagian SD card menjadi memori internal. Anda harus menungu proses hingga selesai.
  7. Setelah selseai, cabut perangkat samsung anda, biasanya akan reboot.
  8. Setelah selesai reboot, maka buka seting pada hp samsung anda lalu pilih storage  kemudian pilih SD card anda, dan pilih tekan menu pada sudut kanan atas serta pilih migrate data.
Demikianlah penjelasan terkait cara cara mengubah penyimpanan internal ke eksternal hp samsung. Bagi anda yang menggunakan ponsel samsung saya sarankan untuk mengubah penyimpana dari memori internal ke memori eksternal agar gadget samsung anda tetap stabil dan tidak lemot. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 komentar

Post a Comment