Wednesday, October 2, 2019

2 Cara Mematikan Tablet Samsung yang Hang

Penggunaan tablet secara berlebihan dengan masa pemakaian lama pastinya menimbulkan masalah. Bukan hanya perangkat mulai gampang memanas, namun juga hang tiba-tiba.

Sistem operasional tablet berhenti merespon setiap perintah yang Anda berikan. Tak jarang hal tersebut membuat tablet kembali ke laman awal.

Kalau sudah begini, apa yang bisa dilakukan oleh pengguna tablet Samsung?

Cara Mematikan Tablet Samsung yang Hang


samsung tablet keeps freezing

1. Mematikan Tablet Samsung Dengan Tombol Power


Cara pertama yang paling dianjurkan oleh para teknisi adalah mematikan tablet. Tekan tombol power dalam waktu 10 – 20 detik, lalu lepas tombol tersebut.

samsung tablet frozen won't turn on

Jika gangguan pada sistem tidak begitu berat, tablet samsung biasanya akan langsung mati. Untuk mulai menggunakannya kembali, tekan tombol power yang sama.

Namun Anda perlu memastikan tablet sudah mati total sebelum menekan tombol power lagi.

Baca Juga:


2. Mereset Ulang Pengaturan Tablet


Sudah menekan tombol power tapi tidak ada hasil signifikan? Mungkin tablet Anda perlu direset ulang. Kadang pengaturan yang kita ubah dari desain pabrik turut mempengaruhi kinerja tablet.

Samsung Tablet terasa lambat merespon setiap pergerakan pada layar maupun tombol. Sehingga Anda membutuhkan waktu ekstra untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan pengaturan kembali. Ubah semua pengaturan yang Anda terapkan ke bentukan pabrik atau factory reset.

samsung tablet frozen on startup screen

Dalam proses ini, Anda perlu membersihkan beberapa data yang menggunakan kapasita memori internal terlalu besar. Pertama-tama, tekan tombol volume, baik up (+) maupun down (-) dengan tombol power dalam satu gerakan.

Di layar tablet akan muncul pilihan menu recovery mode.

Selanjutnya pilih factory reset atau wipe data guna membersihkan memori internal. Sistem akan berusaha memulai proses booting pada ponsel.

Selama proses booting berlangsung, jangan mencoba memencet tombol lain pada tablet. Biarkan proses selesai secara sempurna tanpa harus diintervensi.

Pasalnya gangguan sekecil apapun saat booting berlangsung dapat mengganggu sistem dan memperparah hang pada tablet Samsung.

3. Flashing Tablet Samsung


cara mematikan tablet samsung yang hang

Tahapan berikutnya adalah melakukan flashing atau pengaturan ulang pada tablet. Anda akan kehilangan data-data yang terdapat dalam tablet, termasuk kontak dan pesan.

Itulah mengapa beberapa teknisi menyarankan pemindahan data sebelum melanjutkan proses flashing. Jadi, tiga cara di atas dapat Anda lakukan sendiri di rumah sebagai penanganan awal tablet samsung yang hang.

0 komentar

Post a Comment