Thursday, March 19, 2020

Contoh Surat Pengunduran Diri Secara Resmi

Nah, di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh surat pengunduran diri dari organisasi secara resmi.

Kalau sebelumnya saya sudah membahas tentang contoh surat pengunduran diri dari perusahaan. Jadi, bagi Anda yang saat ini sedang berada di suatu organisasi dan ingin mengundurkan diri dari posisi atau jabatan yang diduduki saat ini dalam suatu organisasi.

Pastikan Anda tahu dulu cara membuat surat pengunduran diri dari organisasi secara resmi yang akan saya jelaskan di artikel kali ini.

Apa Itu Surat Pengunduran Diri dari Organisasi?

Sebelum membahas tentan contoh surat pengunduran diri dari organisasi. Terlebih dahulu saya akan membahas tentang pengertia apa itu surta pengunduran diri dari organisasi. Secara umum, surat pengunduran diri dari organisasi tentu saja hampir sama dengan surat pengunduran diri dari perusahaan atau yang lainnya.

Hanya saja, tujuan dibuatnya surat pengunduran ini adalah untuk lembaga organisasi yang sedang Anda tempati atau duduki sekarang. Surat pengunduran diri dari organisasi juga termasuk ke dalam jenis surat resmi. Jadi, sudah pasti format pembuatannya harus dibuat secara formal dan sesuai dengan EYD.

Surat Pengunduran Diri dari Organisasi


Nah, untuk lebih jelasnya berikut Sabil berikan contoh surat pengunduran diri dari organsasi yang bisa Anda buat dan jadikan referensi.

surat pengunduran diri

Surat Pernyataan Pengunduran Diri


Sebagai anggota dari Badan Eksekutif Mahasiswa di Universitas Negeri Jember, bersama dengan adanya surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                    : Ahmad Bagja Pasha
Jabatan di BEM                 : Bendahara
Fakultas                               : Ekonomi dan Bisnis
NIM                                       : 1100844536726
Alamat                                  : Jl. Melati Indah, Tegal Besar, Jember

Dengan adanya surat ini, saya bermaksud mengajukan surat permohonan pengunduran diri sebagai salah satu Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Jember dengan alasan kondisi kesehatan tubuh yang kurang baik sehingga harus beristirahat secara total dan melakukan berbagai alternatif pengobatan untuk penyembuhan.

Oleh karena itu, saya ingin mengundurkan diri sebagai Bendahara BEM Universitas Negeri Jember. Untuk menjaga jalannya roda organisasi BEM Universitas Negeri Jember agar tetap maju, ketua BEM Universitas Negeri Jember bisa mencari pengganti untuk posisi yang saya tinggalkan. Saya menyerahkan semua keputusan kepada pihak BEM.

Selain itu, saya juga ingin mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya apabila selama saya menjalankan tugas di organisasi selama ini kurang maksimal dan membuat suatu kesalahan, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Saya juga memohon maaf atas  hal-hal yang mungkin tidak berkenan di hati para anggota BEM Universitas Negeri Jember dari lubuk hati yang paling dalam.

Demikian surat pengunduran diri dari BEM Universitas Negeri Jember ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Besar harapan saya agar nanti untuk kedepannya pengurus BEM bisa lebih maju dan bertanggung jawab atas semua amanah yang sedang diperjuangkan dan diemban.

Selain itu, saya juga berharap agar semua pihak yang bersangkutan bersedia memaklumi keadaan saya saat ini yang terpaksa harus mengundurkan diri dari jabatan organisasi. Atas perhatian, pengertian, dukungan dan doanya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,


Materai 6000

Ahmad Bagja Pasha

Nah, itu dia contoh surat pengunduran diri dari organisasi. Saya ambil contoh surat pengunduran diri dari organisasi BEM di salah satu Universitas.


Untuk Anda yang berada di organisasi yang berbeda, tata cara pembuatannya sama saja hanya saja tujuan dan isi surat pengunduran bisa disesuaikan dengan jabatan dan organisasi yang Anda tempati saat ini. Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 komentar

Post a Comment