Thursday, August 15, 2019

7 Cara Mengatasi Touchscreen Meleset

Cara Mengatasi Touchscreen Meleset. Mungkin beberapa dari Anda masih belum mengerti arti dari touchscreen meleset ya. Touchscreen meleset adalah layar sentuh bergerak sendiri atau keadaan di mana touchscreen Anda bergerak tak terkendali ke kanan dan ke kiri, ke atas dan ke bawah saat Anda menyentuh layar HP Anda.

Mengatasi layar sentuh bergerak sendiri, pertama-tama perlu mengetahui penyebab touchscreen loncat. Setelah tahu penyebab touchscreen hp loncat bergerak sendiri, barulah kita bisa memperbaiki touchscreen android.

Tentu saja touchscreen bergerak sendiri akan menganggu dan sangat menghambat aktivitas Anda bukan?

Nah, di bawah ini adalah Cara untuk Mengatasi Touchscreen Meleset atau loncat-loncat, simak bersama yuk:

memperbaiki touchscreen android

7 Cara Mengatasi Touchscreen Meleset


Ada 7 cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri yang bisa segera Anda terapkan:

1. Restart HP


Cara pertama yang bisa Anda lakukan sebagai cara memperbaiki touchscreen loncat adalah dengan merestart HP Android Anda. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan paling sederhana. Tentu saja penggunaan HP dalam waktu yang lama akan membuat HP menjadi error dan tidak terkendali.

2. Melakukan Kalibrasi dengan aplikasi kalibrasi layar sentuh


cara kalibrasi layar sentuh android

Adaloh aplikasi untuk memperbaiki touchscreen, aplikasi layar sentuh khusus untuk melakukan kalibrasi touchscreen hp. Apalagi biasanya aplikasi touchscreen android ini sudah ada sebagai app bawaan pada menu pengaturan

Tapi, Anda bisa menggunakan cara kalibrasi touchscreen dengan bantuan beberapa aplikasi pilihan yang sudah disediakan oleh google play seperti Screen Repair and Calibrator,  Display Calibrator, Display Calibration, dan juga Touchscreen Perbaikan. Setelah mengunduh aplikasi ini, ikuti petunjuk instalasi yang sudah ada.

Baca Juga:



3. Menonaktifkan Aplikasi Berjalan yang Sedang Tidak Digunakan


Kecilnya RAM, dan banyaknya aplikasi yang digunakan merupakan salah satu faktor terjadinya touchscreen meleset. Cara mengatasinya, coba nonaktifkan beberapa aplikasi yang sedang berjalan dengan membuka pengaturan, kemudian pilih aplikasi, pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan, lalu klik hentikan aplikasi.

4. Nonaktifkan HP Android Beberapa Saat 


Agar layar touchscreen HP Anda kembali seperti semula, sebaiknya matikan dulu untuk beberapa saat. Jangan lupa untuk melepas semua perangkat seperti baterai, SIM, dan juga kartu memori. Ini akan merefresh dan membantu memulihkan touchscreen Anda. Kemungkinan besar telah terjadi error pada software perangkat Android Anda.

5. Lakukan Factory Reset


cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri

Cara yang kelima untuk mengatasi layar sentuh bergerak sendiri, Anda bisa melakukan factory reset. Tapi dengan konsekwensi, semua data yang ada di HP akan hilang terhapus tanpa sisa. Jadi sebaiknya, sebelum Anda akan mereset ulang HP, backup terlebih dahulu semua data yang ada di HP Anda.

6. Update OS HP Anda


Jika semua cara di atas masih belum bisa memulihkan layar touchscreen meleset, coba Anda update sistem operasi HP Anda. Kemungkinan besar dengan mengupdate software bisa mengatasi touchscreen meleset Anda. Tapi teliti dahulu software yang akan Anda gunakan ya, pilihlah software yang bisa didukung oleh HP Android Anda.

7. Gantilah Touchscreen Anda


Cara ketujuh, Anda bisa membeli touchscreen yang baru untuk memperbaiki touchscreen android. Itupun jika touchscreen lama Anda sudah benar-benar tidak  bisa diperbaiki lagi. Seperti yang Anda tahu, harga touchscreen termasuk cukup mahal bukan?

Itulah tadi Cara Mengatasi Touchscreen Hp Meleset.  Semoga cara memperbaiki layar sentuh hp ini bermanfaat untuk Anda.

0 komentar

Post a Comment