Monday, May 11, 2020

Tips Merawat Printer agar Awet dan Tahan Lama

Saat ini printer sudah menjadi salah satu perangkat periferal yang tak hanya dibutuhkan oleh intansi perusahaan maupun bisnis saja. Bahkan, printer kini bukan lagi barang mewah. Jika di suatu rumah terdapat komputer keluarga, hampir pasti ada juga printer di rumah tersebut.

Pun demikian dengan kos-kosan. Banyak mahasiswa yang memutuskan untuk punya printer sendiri, alih-alih mencetak tugas di tempat percetakan.

Namun untuk urusan merawat, printer tipikal alat yang susah-susah gampang untuk dirawat. Jika jarang digunakan, tintanya malah tidak bisa keluar sempurna. Apalagi printer modifikasi yang menggunakan tinta luar, perawatannya lebih merepotkan lagi.

Namun ada cara merawat printer agar awet dan tahan lama, sebagai berikut.

tips rawat printer

Tips Rawat Printer di Rumah


1. Pakailah printer secara teratur. Minimal gunakan printer empat hari sekali. Dengan menggunakan secara rutin, aliran tinta akan terjaga tetap baik sehingga mampu keluar dari nozzle dengan sempurna. Jika tidak, tinta akan mengendap dan membuat mampet. Rawatlah printer Anda secara rutin, dan prioritaskan untuk melakukan pengecekan kualitas printer seminggu sekali.

2. Selain itu, Anda pun perlu menjaga kebersihan printer, selain merawat performa printer anda secara berkala, Anda pun perlu membersihkan printer Anda secara rutin. Setidaknya, lakukanlah dua kali dalam seminggu. Jauhkan juga printer dari tempat berdebu. Jadi,  gunakan cover baik itu dari plastik ataupun dari kain, supaya terhindar dari debu. Tutup juga slot kertas jika tidak digunakan, sehingga debu tidak masuk dari situ.

3. Gantilah tinta printer saat sudah mulai kritis. Jangan tunggu hingga habis, karena bisa menyebabkan printer menjadi eror. Perlu dicermati saat mengganti catridge. Bagian kuningan ini sangat sensitif. Hindari menyentuh part elektrik catridge dengan jari. Sebaiknya bersihkan bagian ini menggunakan tisu halus. Ini membuat catridge jadi lebih awet dan tahan lama.

4. Matikan printer saat sedang tidak digunakan. Apabila sudah menggunakan jangan lupa untuk memadamkan printer. Matikan printer dengan benar, yaitu melalui  tombol power (on/off) di mesin printer. Jangan mematikan dengan cabut kabel power secara mendadak. Karena dengan menekan tombol power, maka otomatis printer melakukan pembersihan permukaan head cartridge sebelum perangkat printer ini benar-benar off.

5. Mencetak menggunakan kertas yang bersih. Untuk mencetak, baik itu untuk teks maupun gambar, Anda perlu menggunakan kertas bersih. Ini agar printer tetap awet.

Karena, saat menggunakan kertas berdebu kotor , bisa menyebabkan roll penarik menjadi ikut terkena debu. Lama kelamaan ini memicu aus sehingga printer jadi lebih cepat rusak.

6. Perhatikan cara Anda mencetak. Pastikan anda memasukkan kertas dengan benar dan rapi, agar tidak jamming. Selain itu, hindari memasukkan terlalu banyak kertas ke slot kertas. Dan juga saat memasukkan kertas, Ketuk-ketuk sedikit kertas tersebut supaya tidak padat. Sehingga, roller kertas dapat menarik kertas satu persatu dengan sempurna.

7. Gunakan fitur Clean Head pada menu printer properties secara rutin, demi menjaga tinta keluar dengan sempurna.

8. Sebaiknya gunakan tinta refill yang sudah direkomendasikan, supaya hasil cetakan printer tetap baik.

9. Disarankan tidak membongkar casing printer jika tidak tahu caranya, kesalahan sedikit akan berakibat kerusakan.

10. HIndari menyentuh cartridge dengan tangan, karena bisa mempengaruhi aliran listrik dan menginterupsi komponen tersebut.

Demikian tadi beberapa tips singkat merawat printer agar tetap awet dan tahan lama. Cara-cara tadi  bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa membutuhkan banyak biaya.

0 komentar

Post a Comment