Monday, May 11, 2020

Cara Mudah Mengatasi Flashdisk, Memory dan Hardisk Minta Format Terus

USB flash drive adalah media penyimpanan data yang hingga kini masih eksis dan tetap dicintai pengguna komputer.

Jika dulu kapasitas flashidisk berukuran 128 MB sudah jadi barang mewah, kini USB Flash drive atau juga disebut pendrive ini dapat berukuran hingga 256GB. Bahkan HDD Eksternal kini sudah lebih dari 1TB!

Meski demikian, karena ukurannya yang kecil dan ringkih, flashdisk dapat juga menghadapi masalah. Terkena virus, file tidak terbaca, korslet, hingga minta format terus menerus. Kali ini, artikel ini akan membahas seputar cara memperbaiki flashdisk minta format.

Sebenarnya, penyebab flashdisk minta format ada banyak. Ada yang disebabkan karena USB hub dari laptop/PC  tersebut yang rusak, software bermasalah, terkena virus, terkena air, saluran arus pendek, dan karena usia Flashdisk itu sendiri.

Mengatasi Flashdisk minta format

Jika yang menjadi masalah adalah software atau virus, maka setidaknya masih ada sedikit harapan untuk diperbaiki. Jika yang jadi penyebab adalah perangkat kerasnya, Anda sebaiknya mulai mempertimbangkan membeli flashdisk baru.

Cara Mudah Mengatasi Flashdisk dan HDD Eksternal Minta Format Terus


Namun baik karena perangkat keras maupun lunak, Anda masih bisa mencoba beberapa hal berikut:

1. Perbaiki Flashdisk atau HDD Eksternal dengan Low Level Format


1. Lakukan ini jika perangkat PC Anda menggunakan OS  Windows 7, 8, atau 20. Mulai dengan Run di Menu Start (Win + R), lalu ketik compamgmt.msc.

2. Cari abjad flashdisk Anda di menu tersebut. Jika Flashdisk atau HDD Eksternal Anda ada di “F:” maka pilihlah F. Sebenarnya, pada compamgmt sudah ada nama flashdisk Anda.

3. Formatlah USB Anda dengan menggunakan file tipe FAT32. Tunggu hingga selesai

4. Cabut dan tancapkan kembali USB Anda. Jika telah berhasil, seharunya USB drive Anda tidak minta format lagi.

2. Perbaiki HDD Eksternal/Flashdisk dengan Software recovery

Jika menggunakan low level format tadi tidak bisa, Anda bisa mencoba dengan menggunakan third-party software.

Software pihak ketiga ini ada banyak, namun biasanya bisa dicari di Google dengan kata kunci USB flash drive recovery atau repair flashdisk. Kegunaannya cukup serupa dengan Low Level Format manual, mengubah tipe flashdisk dari NTFS atau FAT menjadi FAT32.


3. Perbaiki Flashdisk atau Harddisk Eksternal Menggunakan CMD


Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan CMD. Mirip dengan cara pertama sebetulnya.

1. Layaknya cara pertama, Anda perlu tahu dulu abjad dari flashdisk yang mau Anda diperbaiki. Misalnya, sebagai contoh “flashdisk F:”.

2. Masuk ke mode “run” dengan mengambil opsi Run di start menu, atau tekan Window+R, setelah itu ketikkan kata “cmd”.

3. Akan muncul command prompt dengan kotak hitamnya. Dari sini, Anda bisa mulai mengetikkan perinth pada kolom tersebut. Sekarang, ketikkan “format F:” atau abjad lain tempat USB Anda berada. Tunggu sampai proses format ini selesai.

4. Setelah itu, lepaskan dan tancapkan lagi USB Pendrive Anda ke PC.

5. Jika sudah tidak muncul dialog box minta format, maka artinya Anda sudah berhasil melalui cara ini.

4. Perbaiki USB atau HDD Eksternal Gunakan CMD (2)


1. Cara lain memanfaatkan potensi command prompt untuk mengatasi flashdisk meminta format. Cukup serupa dengan yang pertama sebenarnya. Namun, untuk yang ini, Anda perlu mengganti kode perintah dari format menjadi CHDSK. Contohnya adalah “CHDSK F:/R” atau “CHDSK [huruf tempat USB Anda tertancap:]/R”.

2. Tunggu saja sampai proses selesai. Cabut, lalu tancapkan kembali USB Flashdisk atau Harddisk Eksternal Anda.

3. /R sebenarnya adalah untuk melakukan perintah format dan repair. Selain dari cara itu, Anda juga boleh kode tersebut menjadi kode “/F”, agar yang muncul adalah perintah format tanpa menggunakan repair.

0 komentar

Post a Comment