Sunday, June 16, 2019

Cara Format SD Card di HP Android dengan Mudah

Cara Mudah dan Aman Format SD Card di HP Android. Tidak semua handphone android memiliki memori yang sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk mengatasi hal ini kita biasanya menambahkan sd card pada handpone kita untuk memperbesar kapasitas memori internal handphone.

Namun, bukan berarti  sd card tidak memiliki batas penggunaan. Seperti kita tahu, berbagai macam sd card tersedia bergantung pada kapasitas memori yang kita inginkan.

Ketika sd card sudah penuh, biasanya kita akan melakukan pemformatan pada sd card kita. Alasan lain seseorang melakukan format pada SD Card mereka ialah untuk menghapus seluruh data karena hendak mengganti dengan sd card baru. SD Card juga perlu diformat apabila SD Card terkena virus dan akhirnya corrupt.

Bagi anda yang ingin melakukan pemformatan pada SD Card anda, berikut kami berikan tips yang aman dan mudah untuk melakukan pemformatan pada SD Card di handphone Android Anda.

Format SD Card di HP Android

Cara Format SD Card di HP Android dengan Mudah


1. Melakukan Pemformatan Sesuai Pengaturan Handphone

Bagi anda yang ingin melakukan pemformatan SD Card dengan cara mudah anda hanya perlu membuka opsi pengaturan pada handphone anda.

Setelah itu pilih opsi Kartu SD dan tekan tiga titik pada bagian atas. Setelah muncul dialog kecil, pilih Pengaturan dan Tekan Format. Setelah di format seluruh data dalam SD Card akan terhapus.

Cara Format SD Card di HP Android

2. Menggunakan Aplikasi di Handphone

Sayangnya tidak semua handphone bisa melakukan pemformatan SD Card dengan cara manual sesuai pengaturan handphone. Namun tenang, anda bisa menginstal aplikasi di handphone anda untuk melakukan pemformatan SD Card.

 Contoh aplikasi yang bisa anda gunakan ialah Paragon EXFAT,NTSF & HF+. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini handphone anda harus diroot terlebih dahulu. Bagi anda yang tidak ingin meroot handphone anda, anda bisa menggunakan aplikasi Erase SD Card. Aplikasi ini tidak kalah baiknya untuk menghapus isi SD Card atau memperbaiki SD Card bermasalah anda dengan mudah dan aman.

3. Menggunakan SD Fix Tool

Melakukan format SD Card tidak hanya dilakukan apabila anda ingin melakukan penghapusan data, tetapi anda juga bisa melakukannya ketika SD Card anda bermasalah. SD Card anda tidak bisa dibaca karena mengalami corrupt yang disebabkan virus.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan aplikasi SD Fix Tool. Fitur dari aplikasi ini diantaranya Rescan Manual, melakukan enable/disable pada media scanner serta melakukan eksperimen untuk mengantisipasi kesalahan SD Card.

4. Menggunakan Komputer

Cara mudah terakhir untuk memformat SD Card ialah dengan menggunakan computer. Caranya cukup hubungkan SD Card anda dengan computer menggunakan Card Reader. Setelah itu format SD Card anda dengan opsi quick format. Setelah format selesai Memory Card anda akan kembali kosong.

Bagaimana mudah bukan melakukan pemformatan SD Card sendiri dengan aman dan mudah? Semoga artikel ini membantu dan jangan lupa sebarkan artikel ini ke teman teman anda.

0 komentar

Post a Comment