Monday, June 17, 2019

Cara Membersihkan Memori Internal Android Penuh

Cara Membersihkan Memori Internal Android Tiba-Tiba Penuh. Memori internal pada smartphone terutama android biasanya tiba-tiba penuh. Padahal sehari sebelumnya masih ada beberapa ruang kosong yang masih bisa dibuat menyimpan foto, video ataupun aplikasi.

Rasa jengkel pasti menghinggapi pengguna ponsel tersebut, apalagi tahu memori internal penuh disaat butuh untuk menginstall aplikasi atau sedang merekam visual dan audio di acara yang sedang dihadiri.

Kasus seperti ini jangan dianggap remeh, karena akan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan seperti HP mati total. Maka bagi Anda yang sedang mengalami memori internal penuh tiba-tiba bisa melakukan tips berikut agar memori memiliki ruang kosong lagi.

Cara Membersihkan Memori Internal Android yang Penuh


cara membershikan dan mengatasi memori internal hp android penuh

Untuk mengosongkan memori internal hp yang penuh bisa dengan membersihkan file-file sampah atau yang disebut cache file.

1. Menghapus Cache Aplikasi


Cara Membersihkan Memori Internal Android Penuh

Pengguna yang masih awam akan jarang melakukan penghapusan cache. Padahal cache terus bertambah seiring penggunaan smartphone yang semakin meningkat. Maka sangat penting untuk menghapus cache secara rutin.

Anda bisa melakukan tanpa aplikasi dengan cara masuk ke setting, kemudian pilih storage dan USB serta pilih internal memori maka akan tampil cache data dan akan terhapus cache sistem yang ada.

Untuk cache aplikasi akan belum terhapus, yang dihapus hanya cache sistem. Maka untuk menghapusnya harus masuk ke setting kemudian klik apps dan pilihlah aplikasinya serta klik storage serta Anda bisa melakukan clear cache.

2. Menggunakan Aplikasi Pembersih seperti Clean Master


Cara Membersihkan Memori Internal Android Penuh

Alternatif lain untuk menghapusnya adalah menggunakan aplikasi seperti clean master. Aplikasi ini memudahkan untuk menghilangkan sampah yang memenuhi memori internal HP. Dengan fitur Junk Files semua data yang tidak diinginkan akan terhapus.

Dan dengan aplikasi ini secara otomatis akan menghapus cache yang sudah menumpuk.

3. Pindahkan Data ke Online Storage


Cara Membersihkan Memori Internal Android Penuh

Hal lain jika memang memori internal penuh karena semua data masih penting untuk dihapus, maka Anda bisa memidahkan ke google drive atau pada gadget lainnya seperti laptop dan aplikasi lainnya.

Pada google drive akan menguntungkan karena masih bisa diakses secara langsung pada HP. Sehingga tidak perlu perangkat lain untuk mengakses. Selain itu, Anda bisa mengunduhnya atau membagikan secara langsung jika memang diperlukan.

Sedangkan bagi Anda yang tidak ingin memakai google drive bisa memakai laptop, tetapi kelemahannya adalah akses pada data tersebut menjadi agak susah karena harus membuka laptop dan menyambungkannya ke HP.

Bisa juga menggunakan Dropbox. Sama seperti google drive, Anda bisa mengaksesnya melalui smartphone.

Baca Juga;

0 komentar

Post a Comment