Tuesday, August 27, 2019

3 Cara mengatasi hp tidak ada suara saat telepon

Masalah tidak ada suara saat menelpon biasanya karena suara lawan bicara tidak terdengar. Karena telepon tidak ada suara ini, semua aktivitas panggilan akan menjadi percuma, pasalnya lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita.

Sekalipun smartphone canggih hadir dengan fitur mumpuni, masalah hp tidak ada suara saat menelpon masih bisa terjadi. Dan seperti diketahui menelpon adalah kebutuhan tersendiri bagi setiap orang. Pasalnya, berbagai hal penting bisa disampaikan langsung dengan telppon atau menghubungi orang lain.

Berkomunikasi masalah pribadi, bisnis, hingga sarana hiburan. Namun jika saat nelpon suara tidak dapat didengar oleh penerima telepon , ada kalanya smartphone mengalami kerusakan saat digunakan.

Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya ponsel yang tidak bisa mendengar suara penelepon bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya mic hp tidak berfungsi atau rusak. Tentu, kejadian ini sangat mengganggu bagi siapapun yang mengalaminya.

kenapa saat nelpon, suara saya tidak bisa didengar oleh orang menerima telepon?

Kerusakan berupa tidak ada suara saat menelepon ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama, suara lawan bicara yang tidak terdengar pada handphone kita. Kedua, suara kita yang tidak terdengar oleh lawan bicara. Nah, untuk mengatasi hal ini, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Kerusakan Tidak Ada Suara Ketika Telepon


Kerusakan tidak ada suara ketika telepon tentu dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Diantaranya, kerusakan pada speaker android Anda. Disamping itu, kerusakan ini juga bisa disebabkan oleh microphone hp rusak atau kotor sehingga kemungkinan software error terjadi.

lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita samsung

Mengatasi hp tidak ada suara saat telepon


Berikut ini adalah cara-cara mengatasi HP yang ttidak ada suara saat menelpon sekaligus cara memperbaiki mic hp.

1) Cobalah Telepon Orang Lain


suara lawan bicara tidak terdengar

Jika anda bertanya kenapa saat nelpon, suara saya tidak bisa didengar oleh orang menerima telepon? Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika ponsel Anda tidak mengeluarkan suara untuk telepon adalah cobalah untuk menelepon orang lain.

Apabila saat menelepon orang lain komunikasi berjalan lancar, maka dapat dipastikan penyebab dari suara penelpon tidak terdengar adalah pada microphone tersebut.

Baca Juga:



2) Restart HP Android


cara memperbaiki mic hp tidak berfungsi atau rusak

Namun, ketika saat nelpon suara tidak dapat didengar oleh penerima telepon, maka dipastikan sumber permasalahannya ada pada perangkat ponsel kita sendiri. Maka dari itu, cobalah untuk merestart ponsel Anda terlebih dulu. Kebanyakan masalah suara tidak keluar saat menelepon dapat diatasi dengan langkah ini.

3) Factory Reset


lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita di wa

Lalu, bagaimana jika suara pada ponsel saat menelepon juga tidak kunjung keluar? Solusinya, cobalah untuk mereset pabrik ponsel Anda. Jangan lupa, cadangkan terlebih dulu data-data penting Anda terlebih dulu supaya tidak hilang karena ponsel akan kembali pada mode awal saat awal membeli.

Cara melakukan factory reset yaitu bukalah pengaturan, kemudian security, lalu pilih backup dan reset. Tunggulah hingga proses ini berakhir dan cobalah untuk menelpon kembali.

Terakhir, apabila memang masih tidak terdengar, cobalah untuk membersihkan microphone atau lubang jack pada headset ponsel Anda.

0 komentar

Post a Comment