Thursday, August 22, 2019

3 Cara Mengatasi Speaker Android Tidak Ada Suara

Speaker android tidak ada suara? baca terus artikel ini untuk cara memperbaiki suara hp yang hilang. Pernahkah Anda mengalami speaker hp tidak bunyi atau smartphone Anda tidak bersuara? Jika iya, tentu hal tersebut sangat mengganggu.

Sebab jika speaker hp tidak mengeluarkan suara, semua aktivitas di hp android bakal terganggu. Karena speaker ini sangat membantu pengguna saat notifikasi masuk, baik sms, panggilan, hingga pemberitahuan penting lainnya. Bisa bayangkan, ketika ponsel tidak bersuara, contoh video tidak ada suara saat diputar, tentu tidak enak untuk ditonton, bukan?

Speaker hp tiba tiba mati ini akan menjadikan pekerjaan Anda terhambat. Apalagi, kondisi speaker android tidak ada suaranya bisa terjadi secara tiba-tiba. Bahkan, ketika tombol volume sudah berada pada posisi maksimal sekalipun.

Untuk itu, jangan terburu-buru mengambil langkah gegabah karena pada ulasan ini akan dibagikan cara mengatasi android tidak ada suara dan cara mengembalikan suara yang hilang.

speaker tidak ada suara sehingga suara hp hilang

3 Cara Memperbaiki suara hp yang hilang tiba-tiba

Penyebab speaker hp mati ada beragam, bisa karena sistem yang error, bahkan kesalahan pengguna. Biasanya speaker hp mati akan terasa saat nonton atau streaming, Anda akan segera bertanya-tanya kenapa saat memutar video tidak ada suaranya?

Nah cara mengatasi video yang tidak ada suaranya ini adalah dengan cara memperbaiki speaker mati tersebut. Berikut ada beberapa cara membenarkan speaker hp yang hilang suaranya:

1. Pastikan Volume Suara pada Posisi Penuh


speaker hp tidak mengeluarkan suara

Terkadang saat speaker tidak mengeluarkan suara, ada yang langsung panik ketika smartphone-nya tidak bersuara. Padahal, bisa saja hal tersebut terjadi karena volume suara pada ponsel dalam posisi paling rendah. Untuk itu, langkah pertama, pastikan volume-nya berada pada pengaturan penuh. Silakan tekan tombol volume up atau masuk ke setting lalu sound.

2. Matikan Lalu Reboot


cara memperbaiki speaker hp samsung

Namun, bagaimana jika kondisi speaker sudah full volume up, tapi speaker masih saja tidak berbunyi. Nah, langkah selanjutnya sebagai cara mengembalikan suara yang hilang, silakan untuk merestart smartphone Anda terlebih dahulu. Sebab, bisa saja android yang hilang suara diakibatkan oleh ponsel yang hang.

Jika perlu, cabut sim card, baterai, dan memori eksternal. Biarkan selama beberapa detik supaya motherboard tidak mendapatkan suplai energi. Lalu, pasang kembali dan hidupkan ponsel Anda. Sudahkah Anda mendengarkan suara speaker?

Baca Juga:



3. Cek Kondisi Speaker

Jika masih saja nihil hasilnya speaker tidak keluar suara sama sekali, coba cek terlebih dulu kondisi speakernya. Caranya, pasang headset pada perangkat android Anda dan dengarkan beberapa suara musik melalui headset. Apalagi terdengar suaranya, namun pada mode loudspeaker tidak bersuara, bisa dipastikan terjadi kerusakan pada speaker handphone Anda.

cara memperbaiki speaker hp samsung galaxy

Jika kerusakan sudah terjadi pada bagian hardware, maka tidak ada langkah lain selain memperbaiknya di konter atau service center terdekat.

Namun, jika Anda nekat ingin mengetahuinya sendiri, bisa bongkar ponsel Anda untuk mengetahui bagaimana kondisi speakernya. Beberapa kerusakan speaker bisa terjadi akibat faktor tersebut.

Pertama, kuningan speaker bergeser atau patah. Kedua, ketika kuningan speaker masih bagus, bisa jadi karena speaker tersebut sudah rusak. Maka dari itu, silakan beli sparepart speaker yang original atua berkualitas  untuk menggantinya. Kalau ragu melakukannya sendiri, silakan bawa ke customer service terdekat.

Ini saja beberapa tips mudah cara memperbaiki suara hp yang hilang di smartphone android. Semoga bisa diterapkan dan bermanfaat. Terima kasih.

0 komentar

Post a Comment