Friday, September 13, 2019

3 Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected di Pc

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected di PcSalah satu alat penyimpan data yang sering digunakan oleh banyak orang adalah flashdisk. Selain ringan dan mudah dibawa namun flashdisk ini juga memiliki kapasitas memori penyimpan data yang  cukup besar.

Dibalik keunggulan flashdisk tersebut terdapat beberapa kekurangan yang dapat terjadi jika anda menggunakan flashdisk ini sebagai media penyimpan data. Selain alat yang cepat dalam mentransfer virus dari satu device ke device lainnya, flashdisk juga sering mengalami permasalahan yang dikenal sebagai Write Protected.

Pernahkah anda mengalami kegagalan dalam mentransfer data (copy file) dari komputer atau laptop ke flashdisk anda ?. Kegagalan ini ditandai dengan tulisan write protected. Selain itu,  kondisi flashdisk tersebut tidak dapat diformat serta anda tidak dapat menghapus file di flashdisk tersebut. Jika anda melakukan hal tersebut akan muncul peringatan yang berbunyi “ the disk is write protected”.

Bagi anda yang sedang mengalami hal tersebut, jangan khawatir di artikel ini akan membahas tentang cara memperbaiki flashdisk write protected.


Cara Format Flashdisk Write Protected


3 Cara Ampuh Memperbaiki Flashdisk yang Write Protected


Dewasa ini sudah barang tentu memiliki flashdisk untuk beberapa hal terutama dalam aktifitas menyimpan dan mentranfer data. Kegiatan seperti ini sering dilakukan oleh pelajar, pekerja kantoran, pejabat dan lainnya hampir semua lapisan masyarakat menggunakan flashdisk dalam kehidupan sehari – hari.

Baca Juga:



Namun jika flashdisk anda rusak atau mengalami kendala maka anda akan sangat kerepotan. Salah satu kendala tersebut adalah write protected. Berikut ini cara memperbaiki flashdisk write protected, tanpa bantuan software antara lain:

1. Melalui Safe Mode


Untuk cara pertama dalam memperbaiki flashdisk write protected  adalah dengan memanfaatkan safe mode. Berikut ini langkah – langkah dalam memperbaiki flashdisk write protected  dengan safe mode antara lain:

Perbaiki Fd yang Write Protected Melalui Safe Mode
  1. Restart komputer atau laptop anda
  2. Jika komputer sudah nyala kembali sebelum munculnya logo operating system maka tekan tombol F8 pada keyboard.
  3. Selanjutnya anda pilih safe mode
  4. Setelah komputer dapat login di operating system lalu lakukan format flasdisk dengan cara klik kanan pada drive flashdisk dan pilih Jika anda pengen cepat maka anda dapat memilih quick format
  5. Tunggu hingga muncul tulisan format is complete yang artinya flasdisk anda telah terformat

2. Melalui Safe Mode With Command Prompt


Cara yang kedua ini dapat anda lakukan ketika cara pertama diatas gagal. Seperti halnya dengan cara pertama, anda lakukan restart komputer atau laptop lalu ketika sudah nyala kembali sebelum muncul logo window maka tekan tombol F8 pada keyboard. Selanjutnya ikuti langkah berikut ini:
  1. Colokkan flashdisk anda yang bermasalah lalu cek drive letter flashdisk anda. Drive ini biasanya berada di akhir harddisk Misal flashdisk anda berada di part F
  2. Muncul pilihan booting maka pilih safe mode with command prompt
  3. Kemudian ketika F dan enter, maka akan muncul tampilan seperti ini : c:window\sistem32\F:
  4. Selanjutnya ketikan perintah format:F dan tekan enter
  5. Pilih Y saat muncul tulisan Y/N yang artinya Y adalah yes

3. Melalui Registry Editor


Cara ini dapat anda lakukan jika kedua cara diatas masih tetap gagal. Berikut ini langkah – langkah memperbaiki flasdisk write protection  dengan registry editor, antara lain:

Registry Editor
  1. Pastikan anda telah mencolokkan atau menghubungkan flashdisk anda dengan komputer atau laptop
  2. Klik icon window dan pilih run atau tekan tombol window pada keyboard dan tombol huruf R secara bersamaan.
  3. Setelah masuk ke halaman run maka ketikan regedit dan tekan enter
  4. Selanjutnya tekan ctrl + F pada keyboard untuk melakukan pencarian secara cepat dan ketikan write protected.
  5. Setelah muncul registry write protected maka anda harus menghapus semuanya. Jika telah selesai dihapus maka anda lakukan restart pada laptop atau komputer anda
Demikianlah penjelasan terkait cara memperbaiki flashdisk write protected. Bagi anda yang sedang mengalami permasalahan serupa maka sebaiknya anda pahami dan ikuti cara memperbaiki flashdisk anda tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 komentar

Post a Comment