Friday, June 14, 2019

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Terhapus

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Terhapus. Pengguna Android pasti sering mengalami beberapa masalah dalam menggunakan smartphonenya.

Masalah tersebut di antaranya seperti kejadian Lock Screen yang tidak bisa berfungsi atau bisa juga audio tidak berfungsi dengan baik, dan masalah pada baterai yang sudah diisi penuh tapi saat digunakan beberapa menit sudah mati.

Masalah-masalah tersebut tergolong berat, karena ponsel harus diservis dalam tempo yang lama atau harus mengganti sparepart yang rusak.

Dalam penggunaan smartphone juga terjadi hal yang tidak diinginkan dalam skala kecil, seperti terhapus atau hilangnya aplikasi bawaan android.


Penyebab terjadinya karena android merupakan sistem Operasi Open Source, sehingga sistemnya secara otomatis melakukan update aplikasi guna melakukan perubahan untuh mencegah terjadinya error.

Tetapi masalahnya saat update aplikasi justru aplikasi bawaan ikut terhapus, dan bagi Anda yang aplikasi bawaan androidnya telah terhapus atau hilang, berikut cara mengembalikan aplikasi bawaan sesuai penyebabnya:

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Terhapus


1. Aplikasi Android Hilang karena Data (Temporary File, Dalvik Cache dan Cache)


Masalah hilangnya aplikasi bawaan android biasanya dikarenakan banyak cache yang menumpuk, cache yang dibiarkan akan terus menumpuk seiring penggunaan android yang terus digunakan.

Dan saat cache dihapus akan turut serta menghapus aplikasi bawaan android. Jika hal itu terjadi, Anda harus melakukan beberapa langkah berikut.

1. Pertama harus membuka pengaturan,

2. kemudian pilih aplikasi (apps), serta geser ke kanan dan pilih All.

Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Terhapus 1

3. Setelah itu piliih aplikasi yang hilang atau tidak ada dan langkah terakhir bisa dibuka aplikasi tersebut dan juga klik clear cache atau data. Contoh aplikasi COC.

Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Terhapus 2

2. Terhapus Karena Crash Dengan Aplikasi Lain


Pada umumnya aplikasi akan menggunakan akses Super User, sehingga akan ada momen tertentu yang menyebabkan crash dengan aplikasi lain. Jika itu terjadi, Anda bisa mengecek 2 aplikasi secara benar, apakah terkena crash satu sama lain. Dan memang benar terkena, harus menghapus 2 aplikasi tersebut terlebih dahulu.

3. Aplikasi Dihapus Sendiri


Aplikasi bawaan memang tidak bisa dihapus dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan sudah diproteksi oleh android. Meskipun begitu akan bisa dihapus sendiri secara sengaja atau tidak sengaja, saat pengguna melakukan rooting pada smartphonenya.

Baca Juga: 




Maka untuk mengembalikan aplikasi bawaannya harus melakukan metode injek pada aplikasinya. Metode ini ada di bagian system/app dan setelah itu, harus melakukan perubahan dan mengganti permission. Jika sudah, maka aplikasi bawaan akan kembali dan bisa digunakan.

0 komentar

Post a Comment